Cara menulis postingan blog dan artikel yang menghasilkan trafik tinggi
Ada lebih dari 100 triliun kata di internet. Dengan begitu banyak yang harus dibaca, bagaimana Anda bisa memastikan blog dan artikel Anda menonjol dan menarik perhatian?
Panduan ini akan membantu menjawab pertanyaan tersebut dan mengajari Anda cara menulis artikel atau postingan blog yang secara konsisten berada di halaman pertama dan menarik pembaca untuk tetap tinggal dan berbagi. Memang tidak mudah, tetapi dengan beberapa trik dan sedikit kerja keras – bisnis Anda juga bisa melakukannya.
Riset, riset, riset.
Sebagian besar pakar bidang tertentu bisa langsung menulis blog yang fantastis tentang suatu topik, tetapi kemungkinan besar, sebagian besar dari mereka tidak akan berdampak jika tidak diteliti secara menyeluruh.
Rahasia untuk membuat blog yang dibagikan dan mendapat peringkat yang baik adalah dengan melakukan riset sebelum Anda menulis.
Kelihatannya logis tetapi tidak semua orang melakukannya. Ini akan membantu Anda melakukan brainstorming topik yang diminati banyak orang, dan memandu Anda ke arah yang benar ketika tiba waktunya untuk menulis. Inilah yang harus Anda lakukan:
Lihatlah tren
Ada baiknya Anda melihat apa yang sedang menjadi tren untuk mendapatkan inspirasi untuk konten. Jika Anda bisa mengikuti tren lebih awal, peluang blog Anda untuk dibagikan dan dibaca secara luas akan jauh lebih tinggi.
Tren dapat bersifat spesifik untuk industri tertentu – misalnya Pernikahan Ekstrim menjadi topik pencarian yang hangat setelah acara 7plus menunjukkan Pernikahan Ekstrim menjadi populer pada akhir tahun 2022. Menulis tentang topik ini dapat menjadi peluang bagi perencana pernikahan yang cerdas untuk mendapatkan perhatian.
Di sisi lain, tren umum juga dapat memberikan dampak yang sama besarnya. Misalnya, istilah kata kunci yang paling banyak dicari di Australia pada tahun 2022 adalah Wordle, Australia Terbuka, Piala Dunia, dan Shane Warne – dengan menggunakan topik yang sedang tren ini dengan mulus ke dalam blog dapat meningkatkan lalu lintas Anda. Tren yang lebih luas dan berjangka panjang juga dapat memberikan dampak. Sebagai contoh, industri fesyen sedang mengalami peningkatan dalam hal keberlanjutan dan fesyen yang etis, yang dapat memberikan peluang bagi para peritel online.
Google Trends dan SEMRush adalah dua alat yang hebat untuk menemukan tren sebelum orang lain melakukannya. Cukup ketik kata-kata yang berhubungan dengan bisnis Anda dan cari item yang relevan atau lihat topik yang sedang tren, siapa tahu itu cocok untuk bisnis Anda.
Lihatlah pesaing
Cari kata kunci yang ingin Anda rangking di Google – apa yang muncul? Kemungkinan besar Anda akan menemukan blog dan halaman arahan dari beberapa pesaing Anda, baik secara lokal maupun luar negeri.
Lihatlah apa yang dilakukan oleh para pesaing peringkat tinggi tersebut yang berbeda dengan Anda. Topik apa yang mereka tulis? Apakah mereka menggunakan media yang kaya seperti video, gambar, dan gif YouTube yang disematkan? Apakah blog mereka lebih panjang dari blog Anda? Apakah judul mereka lebih menarik?
Pertimbangkan semua faktor ini dan gunakan sebagai pelajaran untuk membantu meningkatkan konten Anda (tentu saja tanpa meniru!)
Selain pencarian Google yang sederhana, AHrefs adalah alat yang berguna untuk menganalisis pesaing Anda. Anda dapat menggunakannya untuk mengetahui peringkat domain mereka, serta artikel yang paling banyak dibagikan dan dilihat.
Menemukan dan mengisi kesenjangan pengetahuan dan subjek
Setelah melakukan riset, Anda akan memiliki gambaran yang baik tentang apa yang telah dibahas, apa yang sedang tren, apa yang berhasil dan apa yang tidak. Untuk membawa blog Anda ke tingkat berikutnya, lihatlah area yang memiliki volume pencarian tinggi, atau potensi tinggi dan masukkan ke dalam blog Anda.
Meskipun menggunakan kembali ide secara cerdas akan membuat Anda mendapatkan traffic – pemikiran baru akan membuat Anda mendapatkan lebih banyak lagi, serta pembaca setia dan share tambahan di media sosial.
Sekali lagi, AHrefs dan SEMrush berguna untuk menemukan topik pencarian dengan volume tinggi, tetapi mengisi kesenjangan pengetahuan yang sebenarnya mungkin membutuhkan kreativitas. Untuk memulai, lakukan brainstorming dengan menggunakan pengetahuan industri Anda atau lihatlah forum web seperti Reddit untuk menemukan pertanyaan yang ditanyakan orang yang relevan dengan bisnis Anda.
Dapatkan detail teknis dengan benar
Sekarang setelah Anda mengetahui dasar-dasarnya, sekarang saatnya untuk bekerja pada struktur blog Anda dan pengaturan back end agar lebih mudah dibaca dan meningkatkan peringkat mesin pencari. Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan.
1. Susun blog Anda dengan cerdas
Tidak ada yang menyukai dinding teks. Jadi, pisahkan blog Anda dengan subjudul yang dapat dipindai (H1 hingga H4 dalam urutan tersebut) yang menarik perhatian pembaca dan atur blog Anda ke dalam beberapa bagian.
Selanjutnya tambahkan aset multimedia – GIF, bagan, grafik, video yang disematkan, infografis, dan kotak-kotak. Media ini akan membuat pembaca tetap tertarik dan mendorong mereka untuk menghabiskan lebih banyak waktu di halaman Anda (pastikan media apa pun yang Anda gunakan relevan dan menambah nilai pada blog Anda).
2. Gunakan kata kunci
Dahulu kala belum lama ini memasukkan kata kunci yang relevan ke dalam blog Anda akan membuat Anda mendapatkan peringkat di Google. Sekarang ini, memasukkan kata kunci akan memberikan efek sebaliknya.
Karena itu, masih merupakan ide yang bagus untuk memasukkan kata kunci yang relevan dengan konten Anda dengan cara yang terlihat alami. Gunakan kata kunci tersebut di judul, paragraf pertama, dan subjudul, lalu sebarkan di seluruh blog Anda secara sporadis.
Ada baiknya juga memasukkan kata kunci ke bagian belakang blog Anda, termasuk teks alt (yang memberi tahu Google tentang gambar apa yang dimaksud), dan deskripsi meta yang dapat diklik serta judul meta (yang memberi tahu Google dan pembaca tentang apa isi blog tersebut dan ditampilkan di halaman hasil mesin pencari).
3. Tautkan ke halaman dengan otoritas tinggi dan relevan
‘Otoritas’ halaman web atau blog Anda merupakan faktor penting dalam hal SEO dan peringkat Google. Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan otoritas blog Anda adalah dengan menautkan ke halaman lain yang relevan di situs web Anda (tautan internal) dan sumber-sumber berkualitas tinggi dan otoritatif di situs web lain (tautan eksternal).
Google kemudian akan mengaitkan situs-situs eksternal ini dengan situs Anda dan blog Anda akan mendapatkan keuntungan dari otoritas mereka dan mendapatkan peringkat yang lebih tinggi pada halaman hasil mesin pencari.
4. Fokus pada kualitas
Menjejali kata kunci tidak lagi berfungsi karena Google dan mesin pencari lainnya sudah jauh lebih pintar. Faktanya, saat ini cara yang paling jitu untuk mendapatkan peringkat adalah menulis konten yang relevan, detail, dan berkualitas tinggi yang disukai orang. Lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, bukan?
Membuat blog dengan sukses tidaklah mudah – kami tahu lebih baik daripada kebanyakan orang. Tetapi jika Anda mengikuti langkah-langkah sederhana ini dan menambahkan sedikit kreativitas, Anda akan dapat secara konsisten membuat konten unik yang dapat dibagikan dan memiliki peringkat. Butuh bantuan untuk memulai? Hubungi pakar konten dan SEO di Brand lab untuk meningkatkan trafik dan keterlibatan blog Anda.